Rabu, 12 Agustus 2015

Pertanyaan dan Pembahasan Tentang Bluetooth


Assalamu'alaikum Wr. Wb.
kali ini saya ingin menyampaikan tentang pertanyaan-pertanyaan dan pembahasan tentang Bluetooth...

1. Sebutkan banyaknya mekanisme keamanan bluetooth ? (bella)
    Jawaban :
• Enkripsi data
• Autentikasi pengguna
• Lompatan frekuensi cepat (1600 hops/sec)
• Kontrol pengeluaran energi

2. Berapa jarak mekanisme agar sambungan tidak terputus saat transfer data melalui bluetooth ? (aga)
    Jawaban : yakni sekitar 10 meter.

3. Bagaimana langkah terbaik dalam menghindari sebuah serangan hacker dalam menggunakan bluetooth ? (lana)
   Jawaban : menonaktifkan Bluetooth apabila Anda tidak menggunakannya.

4. Apa perbedaan antara kanal sinkron dan kanal asinkron ? (agung)
   Jawaban : Setiap kanal suara mendukung sebuah kanal suara sinkron 64 kb/s sedangkan Kanal asinkron   dapat mendukung kecepatan maksimal 723,2 kb/s 

5. Sebutkan dan jelaskan benda yang mengganggu koneksi ? (agus salam )
   Jawaban :
Oven microwave: Menggunakan oven microwave di dekat komputer, perangkat Bluetooth, atau pemancar Wi-Fi dapat menyebabkan gangguan.
Layanan Satelit Langsung (Direct Satellite Service/DSS): Kabel dan konektor coaxial yang digunakan bersama beberapa jenis piringan parabola dapat menimbulkan gangguan. Periksa apakah ada kerusakan pada kabel dan ganti dengan yang baru apabila Anda mencurigai adanya masalah kebocoran RF.
Sumber listrik eksternal tertentu seperti kabel listrik, rel kereta api listrik, dan pembangkit tenaga listrik (PLN).
Ponsel 2,4 GHz atau 5 GHz: Telepon nirkabel yang dioperasikan pada jarak ini dapat menyebabkan gangguan pada perangkat nirkabel atau jaringan saat digunakan.
Pengirim video (pemancar/penerima) yang beroperasi dengan bandwidth 2,4 GHz atau 5 GHz.
Speaker nirkabel yang beroperasi pada frekuensi 2,4 GHz atau 5 GHz.
Layar monitor dan LCD eksternal tertentu: Layar tertentu dapat memancarkan gangguan selaras, khususnya pada frekuensi 2,4 GHz antara saluran 11 dan 14. Gangguan terburuk dapat terjadi jika Anda memiliki komputer laptop yang tertutup dengan monitor eksternal yang terhubung. Coba ubah titik akses untuk menggunakan saluran 5 Ghz atau yang lebih rendah 2,4 GHz.
Perangkat nirkabel lain yang berjalan pada bandwidth 2,4 GHz atau 5 GHz (microwave, kamera, radio monitor bayi, perangkat nirkabel milik tetangga, dan sebagainya).

6. Selain untuk komunikasi data, sebutkan penggunaan bluetooth dikehidupan sehari-hari ? (johan)
   Jawaban : PC to PC File Synchonization, PC to PC Mobile Phone, and Wireless Headset. 

7. Apakah yang dimaksud teknologi BLE yang digunakan pada bluetooth 4.0 ? (jeli)
   Jawaban :  Bluetooth Low Energy (BLE) adalah hasil yang didapat dan akhirnya melahirkan Bluetooth v4.0. Konsumsi daya yang kecil, waktu pemakaian yang lebih lama, biaya produksi yang rendah, jangkauan yang lebih besar serta kecepatan transfer hingga 1 Mbit/s menjadi ke unggulan Bluetooth v4.0 ini. BLE tidak digunakan pada semua perangkat oleh karna itu Bluetooth V4.0 menggunakan teknologi Dual Mode, yaitu mengaktifkan dua tipe wireless. Koneksi wireless Bluetooth Classic yang masih banyak digunakan pada perangkat yang ada dan BLE sebagai standar baru penggunaan koneksi wireless.

8. Apa latar belakang dibuatnya bluetooth ? (yayat)
     Jawaban : Bluetooth pertama kali diciptakan oleh Ericsson, antara tahun 1994. Awalnya Bluetooth di gunakan untuk menggantikan salah satu konektor kabel. tetapi akhirnya, teknologi Bluetooth lebih berkembang karena kemampuannya untuk terkoneksi pada beberapa perangkat sekaligus.

 9. Adakah batasan transfer data pada bluetooth ? (ine)
    Jawaban : Jaringan Bluetooth bekerja pada frekuensi 2.402 Giga Hertz sampai dengan 2.480 Giga Hertz
Dibangkitkan dengan daya listrik kecil sehingga membatasi daya jangkaunya hanya sampai 10 meter
 
10. jelaskan tentang frekuensi hopping pada bluetooth ? (ade & usman)
     Jawaban : Frekuensi hopping adalah salah satu dari dua teknik modulasi dasar yang digunakan dalam transmisisinyal spread spectrum. Ini adalah switching ulang frekuensi selama transmisi radio, sering untuk mengurangi efektivitas dari "perang elektronik" - yaitu, intersepsi tidak sah atau jammingtelekomunikasi. 

11. apa yang dimaksud dengan circuit switching dan packet switching ? (riska)
      Jawaban : Circuit switching merupakan metodologi penerapan jaringan telekomunikasi di mana dua node jaringan membentuk suatu saluran komunikasi khusus (sirkuit) melalui jaringan sebelum node dapat berkomunikasi. Rangkaian menjamin bandwidth penuh dari saluran dan tetap terhubung selama sesi komunikasi. Fungsi sirkuit seolah-olah node secara fisik terhubung sebagai dengan sebuah rangkaian listrik.
Packet switching adalah jaringan metode komunikasi digital yang kelompok semua data yang ditransmisikan – terlepas dari konten, tipe struktur, atau – menjadi blok-blok berukuran yang sesuai, yang disebut paket. Packet switching fitur pengiriman variabel-bit-rate data stream (urutan paket) melalui jaringan bersama. Ketika melintasi adapter jaringan, switch, router dan node jaringan lainnya, paket buffer dan antri, mengakibatkan penundaan variabel dan throughput tergantung pada beban lalu lintas dalam jaringan.

12. apa bedanya bluetooth dgn wifi ? (wahyu)
     Jawaban :
1.       Jangkauan -- Kisaran area wi-fi cukup luas yaitu sekitar 300 meter dari simpul jaringan nirkabel. Di sisi lain, Bluetooth memiliki jarak sekitar 30 kaki.
2.       Standar -- Bluetooth dan wi-fi bekerja pada standar yang berbeda. Instalasi wi-fi didasarkan pada standar 802.11n. Sedangkan perangkat Bluetooth yang saat ini mengikuti standar 2,0 bluetooth.
3.       Instalasi -- Perangkat Bluetooth tidak memerlukan instalasi atau konfigurasi. Kerja dari perangkat bluetooth sangat sederhana sehingga tidak perlu dikonfigurasi. Anda bisa langsung mengaktifkan perangkat bluetooth lain untuk mentransfer data. Jika Anda ingin mengaktifkan fasilitas bluetooth di komputer pribadi anda, maka yang harus Anda lakukan adalah dengan membeli adaptor bluetooth. Berbeda dengan bluetootf, wi-fi memerlukan beberapa konfigurasi. Untuk wi-fi mengaktifkan jaringan, juga diperlukan router dan modem.
4.       Akses -- Wi-fi digunakan untuk pembentukan LAN nirkabel (Local Area Network). Sejumlah besar komputer desktop dan laptop dapat dihubungkan dengan menggunakan wi-fi. Bluetooth hanya memungkinkan Anda untuk membentuk PAN (Personal Area Network), dan tidak dapat membentuk suatu Local Area Network (LAN),
5.       Kecepatan Transfer -- Perbedaan lain antara wi-fi dan bluetooth adalah bahwa kecepatan transfer data untuk bluetooth ini jauh lebih tinggi dari wi-fi. Menggunakan Bluetooth, Anda dapat mentransfer data dengan kecepatan 800 kbps, sedangkan wi-fi adalah data yang rentan terhadap kerugian dan karenanya memiliki kecepatan lebih rendah. Jika anda terhubung ke Internet menggunakan wi-fi, kecepatan download Anda akan lebih kecil dari apa yang akan Anda dapatkan ketika Anda terhubung menggunakan internet broadband.
6.       Aplikasi -- Bluetooth digunakan untuk transfer data dari satu perangkat ke perangkat yang lain. Anda dapat mengakses printer dengan mengaktifkan bluetooth dari komputer Anda. Untuk wi-fi, Anda tidak hanya dapat membuat transfer data kecil, tetapi Anda dapat mengakses database dan software yang terletak di beberapa perangkat lain dalam jaringan. Akses internet nirkabel juga dapat diberikan kepada semua komputer dalam area LAN. Dalam kasus Bluetooth, hal ini tidak mungkin.

13. apa manfaat bluetooth selain untuk membagi data ? (lifia)
      Jawaban : PC to PC File Synchonization, PC to PC Mobile Phone, and Wireless Headset. 

14. jelaskan tentang sistem tdd (time division duplex) ? (alan)
      Jawaban : Time Division Duplex TDD adalah skema duplexing yang paling sering digunakan dalam jaringan nirkabel tetap, TDD bekerja dengan menggunakan transmisi toggling petunjuk selama selang waktu. Toggling ini berlangsung sangat cepat sampai user ridak dapat melihat toggling tersebut. Secara ringkas, TDD lebih diinginkan duplexing system teknologi yang memungkinkan pengguna menggunakan peralatan komunikasi yang mereka investasikan dala spectrum.


15. bagaimana perbedaan bluetooth dengan infrared ? (khanif)
      Jawaban :
Pertama
infrared menggunakan sinar untuk memancarkan sinyal ,seperti tv remote ,
sedangkan bluetooth menggunakan frekuensi radio (RF) (2,4 GHz) untuk membroadcast sinyal.

Kedua
infrared tidak dapat tembus benda yang menghalanginya untuk menjangkau receiver atau butuh pantulan ,karena sifatnya cahaya .
Namun bluetooth dapat menembus benda seperti dinding sejauh tidak memiliki skin depth yang tinggi. 

16. apa yang dimaksud kontrol pengeluaran energi ? (jahidin)
      Jawaban :mengontrol penggunaan bluetooth untuk menghemat pengeluaran energi/daya yang di hasilkan saat mentransfer atau mengirimkan file/data ke perangkat lain sehingga akan mengurangi daya yang di hasilkan.

17. bluetooth digunakan pertama kali untuk ? (timi)
     Jawaban : digunakan untuk menggantikan salah satu konektor kabel.

 18. bluetooth dgunakan sebagai perantara modem, perantara seperti apa ? dan bagaimana caranya ? (hertiyanah)
      Jawaban : Cara termudah untuk mengakses internet secara praktis dengan menggunakan hp sebagai modem dan Bluetooth sebagai perantara antara hp dengan pc/laptop. Kelebihannya kita tidak perlu menginstall pc suite hp tersebut, bahkan kita tidak memerlukan kabel data yang hanya dapat dipakai untuk hp tertentu. Dengan Bluetooth kita tidak perlu kebingungan bila hp diganti dengan tipe lain, karena selama hp tersebut memiliki Bluetooth dan gprs, maka cara ini masih bisa digunakan. Cara yang praktis dengan memakai software dari bluesoleil. Tahap – tahapnya dapat disederhanakan sebagai berikut:
Settingan hp:
Pastikan hp mempunyai fasilitas Bluetooth dan juga gprs (biasanya kalau sudah memiliki Bluetooth maka gprs juga sudah tersedia).
Pastikan settingan gprs sudah sesuai dengan jaringan operator. Cara pengecekannya dengan menggunakan wap atau dengan aplikasi untuk browsing/chatting.
Untuk nokia, settingan access point name (APN) harus diisi sesuai dengan jaringan operator. Hal ini mungkin berlaku juga untuk beberapa hp dari merek lain. Contoh APN: indosatgprs
Settingan pc/laptop:
Bila pc/laptop anda belum memiliki Bluetooth card, pilih yang sesuai dengan kemampuan anda. Saya memakai Bluetooth yang harganya 45 ribu rupiah dan selama ini masih bisa digunakan dengan baik.
Intall Bluetooth driver, agar pc/laptop mendeteksi Bluetooth anda.
Install software bluesoleil (biasanya akan satu paket dalam cd driver Bluetooth)
Pastikan program tersebut mendeteksi bluetooth device anda (ikon Bluetooth berwarna biru jika beroperasi, dan putih jika device tidak ditemukan)
Kini tahap utama proses ini:
Pastikan kedua bluetooth dalam keadaan aktif.
Dari pc, lakukan device search, cara termudah dengan klik gambar bulatan ditengah. Tunggu hingga hp terdeteksi.
Lakukan proses pairing pada hp yang telah dideteksi. Caranya dengan klik kanan pada ikon hp, pilih pair device. Saat itu akan muncul bar “passkey”, anda dapat mengisi sesukanya, namun untuk mempermudah isi dengan angka “1”, kemudian tekan tombol ok.
Pada hp yang ingin di pairing, akan meminta verifikasi passkey tersebut, isi dengan angka 1 dan tekan okay/yes. Sekarang kedua hp dan pc/laptop tersebut telah berjodoh ^.^
Klik dua kali pada ikon hp di monitor pc untuk mencari layanan/service yang tersedia dari hp anda. Untuk melakukan koneksi internet, yang diperlukan hanyalah ikon nomor 2 dari kiri yaitu Bluetooth dial-up networking service.
Klik ikon tersebut, maka akan muncul permintaan username, password dan dial up number untuk dipakai log in. isi sesuai dengan jenis operator anda, sedangkan untuk dial up biasanya *99#.
Bila settingan anda telah benar, maka sekarang anda telah bisa mengakses internet

19. bagaimana perkembangan bluetooth saat ini ? (fuad)
      Jawaban : 
Perkembangan Versi Bluetooth
Bluetooth yang kita kenal saat ini memang memiliki banyak versi. Versi awal yang muncul adalah v1.0 dan v1.0B. Versi awal ini mengalami kegagalan karena perangkat dan teknologi yang belum begitu banyak digunakan.
Bluetooth Versi 1.1 dan 1.2
Bluetooth v1.1 menunjukan perbaikan dengan disahkan sebagai standar IEEE Standerd 802.15.1-2002, Versi ini juga masih membawa beberapa kekurangan versi sebelumnya. Akhirnya versi sukses untuk teknologi wireless ini didapatkan pada v1.2. Versi ini memiliki kompatibilitas dengan teknologi sebelumnya dengan kecepatan 721 kbit/s. Perkembangan tidak berhenti sampai di situ, Bluetooth v2.0 + EDR diperkenalkan pada tahun 2004. Versi ini menggunakan teknologi Enhanced Data Rate (EDR) untuk transfer data yang lebih cepat. EDR mendukung kecepatan transfer data hingga 3 Mbit/s, meskipun pada prakteknya kecepatan yang ada hanya 2,1 Mbit/s.
Versi 2.1 + EDR
Tiga tahun setelah peluncuran v2.0 + EDR. Bluetooth SIG mengumumkan Bluetooth v2.1 + EDR yang mendukung penuh kompabilitas terhadap versi sebelumnya. Pada versi ini diperkenalkan teknologi Secure Simple Pairing (SSP) yang meningkatkan kemampuan pengirim dan penerima sinyal antar perangkat. Versi 2.1 juga memperkenalkan fitur Extended Inquiry Response (EIR) yang memberikan lebih banyak informasi sebelum melakukan pairing pada perangkat lain. Teknologi ini memungkinkan penyaringan yang lebih baik sehingga dapat menghemat penggunaan daya.
Versi 3.0 + HS
Bluetooth v3.0 + HS diperkenalkan pada 21 April 2009 yang menyediakan kecepatan hingga 24 Mbit/s. Pada versi ini link Bluetooth hanya digunakan untuk pairing dan pembentukan jalur akses data, sementara pengiriman dan penerimaan data menggunakan link wireless 802.11 (sama seperti Wi-Fi). Fitur baru dan utama dari versi ini adalah Alternate MAC/PHY (AMP) yang memberikan dukungan link 802.11 untuk transfer data yang lebih cepat. “HS” pada versi ini merupaka singkatan dari High Speed melalui penggunaan link 802.11.
Versi 4.0
Teknologi dengan penggunaan daya yang rendah menjadi salah satu bahasa utama pada tahun selanjutnya. Bluetooth Low Energy (BLE) adalah hasil yang didapat dan akhirnya melahirkan Bluetooth v4.0. Konsumsi daya yang kecil, waktu pemakaian yang lebih lama, biaya produksi yang rendah, jangkauan yang lebih besar serta kecepatan transfer hingga 1 Mbit/s menjadi ke unggulan Bluetooth v4.0 ini. BLE tidak digunakan pada semua perangkat oleh karna itu Bluetooth V4.0 menggunakan teknologi Dual Mode, yaitu mengaktifkan dua tipe wireless. Koneksi wireless Bluetooth Classic yang masih banyak digunakan pada perangkat yang ada dan BLE sebagai standar baru penggunaan koneksi wireless.

20. apa yang dimaksud dengan mensinkronisasi basis data pada bluetooth ? (elita)
      Jawaban : menghubungkan data dari Handphone ke PC dengan menggunakan Bluetooth agar file dalam Handphone tersebut bisa di gunakan/di buka(Transfer data) di PC secara langsung.

21. apa itu kanal data ansinkron ? dan kenapa bluetooth dapat mendukung kanal tersebut ? (yanti)
     Jawaban : Kanal asinkron ialah kecepatan transfer data yang dapat mendukung kecepatan maksimal 723,2 kb/s asimetris dan dapat mendukung sampai dengan kecepatan 433,9 kb/s di mode simetris.karena Range yang dapat dijangkau oleh Bluetooth adalah 10 meter, sehingga dapat memaksimalkan transfer data dengan kecepatan tersebut.

22. cara  menenskripsi data dibluetooth ? (agi)
      Jawaban : Untuk melakukan tugas ini, perangkat berkemampuan Bluetooth® yang telah dipasangkan harus mendukung enkripsi data.
Pada layar Awal, klik area koneksi di bagian atas layar, atau klik ikon Kelola Koneksi.
23. bagaimana penamaan pada perangkat bluetooth ? (bahri)
      Jawaban :
Pada layar Awal, klik area koneksi di bagian atas layar, atau klik ikon Kelola Koneksi.
Klik Koneksi Bluetooth.
Sorot sebuah perangkat berkemampuan Bluetooth® yang telah dipasangkan.
Tekan tombol Gambar tombol Menu> Properti Perangkat.
Dalam bidang Nama Perangkat, ganti nama untuk perangkat berkemampuan Bluetooth tersebut.
Tekan tombol Gambar tombol Menu> Simpan.(Contoh kasus ini saya menggunakan Blackberry)
24. apa fungsi dari fitur enkripsi data pada bluetooth ? (eka)
      Jawaban : untuk mengamankan suatu informasi dengan membuat informasi tersebut tidak dapat dibaca tanpa bantuan pengetahuan khusus.

25. apakah yang dimaksud dengan layanan komunikasi point to point dan komunikasi point to multi point. dan apa perbedaannya dalam sistem bluetooth ? (ririn)
     Jawaban :
Layanan komunikasi Point to point ialah
satu perangkat yang disambungkan ke satu perangkat saja.
Layanan Komunikasi Point to point ialah satu perangkat yang dapat di sambungkan ke banyak perangkat.
Perbedaan nya itu, jika kita mengirimkan file/data dengan menggunakan bluetooth dengan cara Point to Point maka hanya 1 arah atau 1 perangkat bluetooth saja, tetapi jika kita menggunakan cara point to multipoint kita bisa mengirimkan 1 file ke beberapa perangkat sekaligus.
26. bagaimana sistem keamanan bluetooth pada saat pengiriman data ? (tika)
     Jawaban :
Bluetooth memiliki 3 mode keamanan berbeda antara lain:
-     Security mode1 :  Mode tidak aman (Non secure mode),
            Perangkat tidak akan menginisialisasi keamanan.
-     Security mode 2 :  Keamanan tingkat layanan (service level enforced security
mode).
Perangkat tidak menginisialisasi prosedur keamanan sebelum kanal terhubung pada level L2CAP(Logical Link Control and Adaptaion Layer Protocol) . Mode ini mengijinkan akses yang bermacam-macam dan fleksibel untuk aplikasi terutama  untuk aplikasi yang berjalan dengan berbagai permintaan keamanan yang paralel. 
-      Security mode 3 :  Keamanan tingkat sambungan (link level enforced security
mode).
Perangkat menginisialisasi prosedur keamanan sebelum hubungan dibangun pada tingkat LPM(Link Manager Protocol) selesai. 
27. kenapa bluetooth tidak memerlukan line of sight antara perangkat komunikasi ? (dita)
     Jawaban : karena Jangkauan Bluetooth hanya sampai 10 meter jadi tidak memungkinkan untuk memerlukan line of sight yang cakupannya di beberapa area yang menggunakan sinyal pancar.

28. bagaimana cara enkripsi data pada fitur keamanan bluetooth ? (sepriana)
    Jawaban :
Pada layar Awal, klik area koneksi di bagian atas layar, atau klik ikon Kelola Koneksi.

Klik Koneksi Bluetooth.

Tekan tombol Gambar tombol Menu> Opsi.

Pilih kotak centang Enkripsi.

Tekan tombol Gambar tombol Menu> Simpan.
(Contoh kasus ini saya menggunakan Blackberry)
 Sekian Pembahasan dari saya mohon maaf bila masih banyak kekurangan....

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates